Algoritma Dalam Bermain Gitar

Pada tulisan kali ini saya akan sharing mengenai teori dasar atau saya menyebutnya algoritma dalam bermain gitar.

Banyak orang bermain gitar, memainkan chord, memainkan sebuah lagu tanpa tau kenapa nada dalam gitar bisa pas dengan lagunya. Ini yang menjadikan banyak orang jenuh ketika bermain gitar karena mereka tidak bisa explore lebih jauh seolah-olah kalau mau memainkan sebuah lagu harus ngikutin panduan-panduan chord yang ada di HP atau buku panduan chord. Whatever.

Pada dasarnya memainkan sebuah lagu dengan gitar itu simple. Intinya kita muter-muter di 7 Chord yang berulang-ulang. Jadi hanya dengan menghapal 7 chord saja kita sudah menguasai 70% musik dalam gitar. 30% sisanya adalah teknik2, advanced chord dan unusual music (apa ya istilahnya? Bingung sebut saja begitu).

Sekarang apa saja 7 chord itu? 7 Chord itu adalah DO RE MI FA SO LA SI . Aneh kan? Bukannya chord itu A B C D E F G dan kres (#)nya?

Ternyata begini, ketika kita bermain di kunci C. Maka DO=C, RE=D MI=E FA=F SO=G LA=A SI=B.

Lihat gambar di bawah ini. Ini adalah tangga nada kunci C.

Algoritma Dalam Bermain Gitar

Nah dengan mengetahui ke 7 chord itu (6 saja cukup karena diminished sangat jarang dipakai) kalian sudah bisa memainkan 90% lagu di muka bumi ini percayalah.

Setelah kalian mengetahui ke 7 Chord itu, tinggal naikkan 1 nada untuk menaikkan kunci. Misal dari C ke D. Nanti tangga nadanya akan seperti ini.

Algoritma Dalam Bermain Gitar

Sudah mengerti pola dasarnya? Jadi poinnya adalah, ketika ingin memainkan sebuah lagu kadang kita browsing dulu kan ngetik “ Chord lagu blablabla”. Tapi sialnya yang keluar chordnya aneh-aneh ada E, C#m, G#m dan lain-lain. Sedangkan yang kalian tau baru chord C, Dm, Em dll. Solusinya simple tinggal turunin aja nadanya. Dari E jadi C berarti turun 2 nada. Kemudian lakukan pada chord-chord lainnya. Dari C#m berarti menjadi Am dan seterusnya.

Dari sana kalian akan paham bagaimana sebuah alat music gitar bisa bekerja.

Sekian artikel tentang musik kali ini. Masih banyak yang harus dibahas dan belum jelas kenapa yang satu kres(#) yang satu tidak? kenapa ini mayor ini minor? Apa itu chord? Akan saya lanjutkan di artikel-artikel lainnya

Semoga bermanfaat

We will be happy to hear your thoughts

Kirimkan Pesan