Bekerja Lebih Sedikit, Dengan Hasil Yang Lebih Banyak

Bekerja Lebih Sedikit, Dengan Hasil Yang Lebih Banyak

Kita bukan superhero. Kita tidak bisa melakukan semua hal sendirian.
Kita sering berpikir bahwa bisa melakukan semua hal itu keren.

Seperti Superman, dia tidak membutuhkan orang lain.
Tapi ternyata itu konyol.

Bahkan jika kita seorang Superman, melakukan semua hal sendirian tetaplah sesuatu yang konyol.

Walaupun begitu saya tidak bilang itu 100% buruk.

Saya percaya, dibalik tanggung jawab yang besar terdapat kekuatan yang besar. Dengan “pernah” melakukan semua hal, kita akan tahu secara detail apa yang harus dilakukan, apa yang harus dihindari, dan apa yang harus ditingkatkan.
Itulah yang dinamakan hard work. Dengan kebiasaan seperti ini mungkin, kita akan lebih ahli, lebih pintar, dan lebih cepat dalam melakukan sesuatu.

Masalahnya adalah, kita harus melakukannya setiap hari.

Kita tentu percaya kita bisa melakukannya setiap hari karena kita sudah terbiasa dengan hal tersebut.

Sehingga pertanyaannya bukan “Bisakah kita melakukannya setiap hari?”

Tentu bisa.

Tapi pertanyaannya adalah “Maukah kita melakukannya setiap hari?”

Apa jawabannya?

Konsepnya sama dengan orang yang bekerja 9-5.

Permasalahan orang bekerja yang hanya menggantungkan diri dari pekerjaannya adalah, mereka tidak bisa berhenti. Ketika mereka berhenti, mereka tidak bisa hidup.

Orang yang bekerja seharusnya mulai mencari cara agar suatu hari mereka tidak menggantungkan diri pada pekerjaannya.

Entah itu dengan membentuk high income skill, investasi pasif ataupun investasi aktif dengan membangun bisnis.

Bekerja Lebih Sedikit, Dengan Hasil Yang Lebih Banyak

Namun pada artikel ini saya tidak akan membahas hal-hal tersebut.

Balik lagi ke tema awal, seorang superhero terlalu banyak mengambil tanggung jawab karena mereka “merasa” bisa melakukan semua hal. Kebiasaan tersebut akan mengisolasi mereka dari orang-orang di hidupnya. Apakah kamu tahu apa yang terjadi pada orang yang melakukan terisolasi? Secara statistic mereka lebih cepat mati.

KESEPIAN BISA MEMBUAT ORANG CEPAT MATI

Sekarang waktunya untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Ini bukan berarti kita jadi malas-malasan.

Tetap jaga intensitas kerja, tapi jangan lakukan semuanya.

Tebak. Ketika kita berhenti melakukan kebiasaan melakukan semua hal sendirian, justru hasil yang didapatkan akan lebih memuaskan.

Ini langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk keluar dari lingkaran setan hard work.

1. Jangan over ekspektasi terhadap diri sendiri. Kamu tidak spesial!
Kebiasaan seorang superhero adalah, mereka over ekspektasi terhadap diri mereka sendiri.
“Aku harus melakukan ini, orang lain tidak bisa”
Jika itu sering muncul di pikiran kita, maka kita salah.
Ingat, orang yang paling tepat mengerjakan sesuatu bukan orang yang paling ahli dalam mengerjakan sesuatu tersebut

2. Berikan kepercayaan pada orang lain
Superhero selalu berpikiran bahwa mereka melakukan sesuatu atau mengambil tanggung jawab untuk “menolong” orang. Faktanya apa yang sebenarnya mereka katakan adalah
“Aku tidak percaya orang lain bisa melakukannya”.
Ini sangat penting. Apalagi jika kita seorang leader di lingkungan kita. Jika kita ingin bekerja dengan orang lain, maka kita harus percaya pada mereka.
Kepercayaan memang susah untuk dibentuk. Kepercayaan merupakan sesuatu yang bersifat 2 arah. Kita percaya mereka, maka mereka akan percaya pada kita. Tapi, kita harus memulai. Ketika kepercayaan terbentuk, maka secara otomatis orang-orang akan bekerjasama dalam bekerja.

3. Tetapkan tujuan
Suatu sistem, baik keluarga, bisnis, relationship, tim olahraga. Mereka butuh sesuatu agar bekerja secara simultan. Sesuatu itu dinamakan “tujuan”
“Apa yang akan kita lakukan?”
“Kemana kita akan pergi?”
“Apa value yang akan kita berikan?”
Hal-hal tersebut harus didefinisikan terlebih dahulu.
Kita sering berpikiran bahwa orang lain mempunyai cara berpikir yang sama dengan cara kita berpikir. Sehingga banyak konflik yang terjadi antara atasan dengan bawahan. Mungkin, bukan karena si bawahan tidak bisa mengerjakan tugasnya dengan baik. Tetapi bisa jadi karena atasan tidak mengkomunikasikan tujuan inti dari pekerjaan tersebut.
Atau bisa jadi si atasan sendiri tidak tau apa tujuan inti dari pekerjaan tersebut.

Jika itu terjadi, maka yang harus dilakukan adalah seorang atasan harus mendefinisikan terlebih dahulu tujuan inti dari pekerjaan. Kemudian, seorang atasan harus mengkomunikasikannya pada bawahan agar tercipta level ekspektasi yang sama antara bawahan dengan atasan

Itulah 3 langkah agar kita terbebas dari lingkaran hard work dan tidak melakukan semua hal sendirian.

3 langkah simple tersebut akan membantu kita bekerja lebih sedikit dengan hasil yang lebih baik.

Semoga bermanfaat

We will be happy to hear your thoughts

Kirimkan Pesan