Hukum Pareto (80/20)

Hukum Pareto (80/20)

20% Usaha yang kita lakukan kadang akan berdampak pada 80% hasil sedangkan 80% usaha yang kita lakukan kadang akan berdampak hanya pada 20% hasil. Itulah inti dari hukum ini. Hukum ini bukan hanya sekedar teori, layaknya seperti hukum gravitasi. Simple & prakteknya ada. bedanya, hukum ini jarang diakui eksistensinya.

Dengan hukum pareto, kita bisa memilah apa yang penting yang harus kita lakukan dan mengeliminasi sesuatu yang sebenarnya tidak begitu berpengaruh pada hidup kita.

Kalau hanya dengan 20% effort bisa menghasilkan profit 80% dari keseluruhan, kenapa kita harus repot-repot mengeluarkan effort 80% untuk mendapatkan sisa 20% profit.

Kalau suatu kegiatan menghabiskan waktumu sebanyak 1 jam dan ternyata hasil yang didapat adalah 80%, kenapa kita menambah waktu 4 jam berharap untuk mendapatkan sisa 20% hasil itu.

Proporsi ini bisa berubah-ubah, tergantung dari kegiatan dan keadaan. Tapi intinya adalah Pareto.

Kita harus bisa menemukan pareto dari sesuatu.
Misalnya katakanlah dalam dunia advertiser. pareto-nya adalah ads image/video dan ads copynya. Jadi hanya dengan fokus pada ads image/video dan ads copy. Kita bisa merubah secara signifikan kualitas iklan kita.

Kalau dalam presentasi misalnya.
Pareto-nya adalah kemampuan menjelaskan secara struktural materi yang ada. Sehingga jika kita mempunyai skill itu, kita hanya menghabiskan waktu 1 jam untuk berlatih menjelaskan materi. Bukan malah fokus pada materi powerpoint dan segala pernak-perniknya yang bisa menghabiskan waktu 4 jam.

Tapi bukan berarti kita mengabaikan sisa 20%-nya. Tentu kita harus peduli juga terhadap sisa 20%-nya. Tapi point-nya adalah, jangan sampai kita terlalu fokus pada hal-hal yang tidak membawa perubahan yang besar sampai mengabaikan hal-hal yang sebenernya merupakan inti dari perubahan.

Temukan pareto dari segala sesuatu. Jadilah ahli disana. Ingat, kita bukan manusia super yang bisa mengerjakan segala sesuatu.

Pilih apa yang penting, eliminasi atau delegasikan sisanya.

We will be happy to hear your thoughts

Kirimkan Pesan