Ilmu Jalanan

Kemaren hari ke 13 Bulan Januari saya gak bikin cerita, alasannya sangat teknis. Karena saya adalah bagian dari 26,7% orang orang norak yg percaya 13 adalah angka sial dan bumi itu datar hehehe.

Enggak juga sih sebenernya, kemaren sibuk banget sampe gak ada waktu buat nulis. Sibuk itu relatif. Namatin IG Story orang, bacain comment perdebatan di youtube atau twitter, sampe namatin serial film drama rusia terbaru. itu sibuk!

Kalau dibuatkan formulanya, sibuk itu = urusan gue > urusan elu. Ya walaupun bikin cerita seperti ini bukan urusan kalian netizen yang maha benar hehe.

IRONWOOD, Usaha yang akan launching maksimal 14 Februari (tapi gak kesampean karena beberapa hal). Banyak yg mesti disiapin salah satunya adalah calon suplayer. Nah maka dari itu, Kemaren rencananya adalah kegiatan survei ke calon suplayer buat mastiin harga dll.
Saya ngajak temen saya mas purnomo yg pernah saya ceritain dulu. Bukan tanpa alasan maspur ini adalah salah satu SDM yg handal dalam hal tawar-menawar. Beda dengan saya, ketika saya melakukan transaksi biasanya skenarionya seperti ini. .
“Bu, cabe sakilo sabaraha bu?” “80.000 sep (kasep)” “Ooh, 70.000 nya bu” “aduh teu tiasa sep ayeunamah cabe mahal” “oh oke atuh bu, bungkus.”
Beda dengan maspur, skenarionya bakalan terlalu panjang kalau diceritakan

Asalnya maspur ini menyanggupi tapi tiba tiba turun tugas suci dari atas yg intinya maspur harus mengganti aktivitas weekendnya menjadi aktivitas weekday. Yaudah, akhirnya saya berangkat aja sendirian untuk berburu suplayer. Banyak yg bisa diceritakan dari kegiatan hari itu. Tapi karena saya lagi males cerita hari ini akan saya akhiri saja dengan kesimpulan.

Ada beberapa hal yang tidak bisa dipelajari dari buku dan SNI manapun. Salah satunya adalah skill nawar yg dimiliki maspur. Terlihat sepele tapi pada prakteknya orang banyak yg membutuhkan.

Mungkin saja nanti maspur bisa sharing mengenai “5 hal penting agar sukses menawar harga” yang akan diterbitkan di blog ini. Doakan saja mudah2an beliau berkenan.

We will be happy to hear your thoughts

Kirimkan Pesan