Kemacetan Bisa Membuatmu Pintar

Kemacetan Bisa Membuatmu Pintar

Indonesia merupakan negara dengan tingkat kemacetan yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis pada tahun 2016 dari sebuah perusahaan analisis transportasi, Inrix. Indonesia masuk dalam jajaran negara dengan tingkat kemacetan urutan 3 paling macet di dunia.

Kemacetan Bisa Membuatmu Pintar

Masyarakat Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 47 jam dalam satu tahun terjebak dalam kemacetan. Ingat, ini rata-rata. Dengan kata lain masyarakat kalimantan pedalaman, papua, dan daerah-daerah dengan tingkat kepadatan yang rendah lainnya masuk dalam hasil analisis ini.
Bisa dibayangkan, bagaimana tingkat kemacetan untuk rata-rata masyarakat di daerah padat seperti Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya dan lain-lain.

Dalam 1 hari saja jika memakai mobil, masyarakat Jakarta bisa terjebak macet selama 2-4 jam per hari. Jika dikalikan dengan hari efektif kerja dalam 1 tahun dimisalkan saja 250 hari. Maka, masyarakat jakarta menghabiskan waktu 500 – 1000 jam dalam satu tahun hanya gara-gara kemacetan.

Luar biasa. Bayangkan 500-1000 jam terbuang dengan sia-sia jika kita tidak tahu cara memanfaatkan 500 – 1000 jam itu.

Sekarang balik lagi dengan judul artikel saya di atas?
Bagaimana caranya kemacetan bisa membuat kamu pintar?
Ternyata simple.
Jawabannya adalah isi kemacetan itu dengan hal-hal yang berguna.

Saya pribadi adalah seorang pengendara motor walaupun kadang-kadang saya memakai mobil juga jika perjalanan jauh.

Dulu, ketika mengendarai motor saya sering menancapkan earphone saya di telinga dan menyetel musik di handphone. Sebenarnya berbahaya, karena musik harus disetel dengan volume yang keras baru berasa mendengarkan musik. Ini menjadikan awareness saya terhadap keadaan di jalan berkurang drastis.

Berbeda dengan podcast. Kita cukup menyetel volume audio podcast secukupnya saja asal apa yang disampaikan bisa terdengar sehingga, awareness saya terhadap keadaan di jalan masih tinggi dibandingkan dengan mendengarkan musik.

Kalau di mobil lebih enak lagi. Pengendara ataupun penumpang bisa mendengarkan lewat speaker internal mobil. Atau kalau memang ingin mengkonsumsinya sendiri, bisa memakai earphone layaknya ketika mengendarai motor. Tentu mendengarkan podcast lebih berfaedah dibandingkan hanya mendengarkan musik berjam-jam di jalan.

Lalu apa saja podcast atau video youtube yang sering saya dengarkan ketika di jalan?
Di sini saya ingin memberikan beberapa rekomendasi.

1. Denny Santoso (Anchour dan Youtube)
Denny Santoso merupakan seorang Serial Entrepreneur dan seorang Digital Marketer yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Denny Santoso atau biasa dipanggil ko denny, sering membagikan hal-hal yang berhubungan dengan mindset entrepreneur dan produktivitas. Tidak jarang pula ko denny membahas secara teknis mengenai teknik-teknik di Facebook Ads.

Kemacetan Bisa Membuatmu Pintar

Kelebihan dari konten-konten Ko Denny adalah penuturannya yang tegas, lugas dan terstruktur sehingga pendengar mudah mengerti apa yang disampaikan. Selain itu teknik-teknik digital marketing yang dijelaskan ko denny sangat mendalam dan up-to-date sehingga tetap worthed untuk didengarkan walaupun kita sudah cukup advanced dalam dunia digital marketing.

2. Army Alghifari (Podbean dan Youtube)
Kalau yang satu ini, sering dipanggil mas Army. Mas Army ini merupakan seorang expertist di bidang Facebook Ads. Saya mulai mengetahui beliau ketika berkunjung ke websitenya scaleup.club. Pada websitenya, mas Army banyak memberikan insight-insight yang bersifat teknis dalam dunia Facebook Ads. Namun dalam podcastnya, mas Army lebih banyak membahas tentang entrepreneurship dan psikologi yang dihubungkan dengan kegiatan Facebook Ads.

Kemacetan Bisa Membuatmu Pintar

Yang saya kagumi dari mas Army adalah cara berpikirnya yang mungkin, tidak dimiliki orang-orang kebanyakan. Dengan mindset entrepreneur dan ilmu tentang psikologinya, mas Army bisa mentweak hal-hal yang bersifat teknis menjadi sesuatu yang simple.

3. Tai Lopez (Youtube dan Podbean)
Tai Lopez, mungkin beberapa orang sudah pernah mendengar nama ini karena kisah kontroversinya memamerkan kekayaannya seperti rumah mewah, lamborghini bahkan wanita-wanita cantik yang sering dia kencani.

Kemacetan Bisa Membuatmu Pintar

Tai Lopez dalam podcast atau videonya lebih sering membahas mengenai mindset seorang entrepreneur, psikologi, produktivitas dan hal-hal non teknis lainnya. Yang saya kagumi dari Tai Lopez adalah pengetahuannya yang luas dan kontennya yang sangat mendalam. Suatu konsep dari Tai Lopez yang berusaha saya adopsi adalah konsep Health + Wealth + Love + Happiness. Konsep ini mematahkan mindset orang-orang yang mempunyai pikiran bahwa kesuksesan adalah hal-hal bersifat materialistis.

Sebenarnya masih banyak lagi rekomendasi podcast atau video youtube yang bagus untuk didengarkan misalnya saja Gary Vee, Dan Lok, Agan Khalid, Fikry Fatullah dan masih banyak lagi.
Namun di antara semua yang pernah saya tahu, 3 orang di atas adalah yang menurut saya sangat relate dengan prinsip kehidupan saya di dunia entrepreneurship.

We will be happy to hear your thoughts

Kirimkan Pesan