Memanfaatkan Facebook Untuk Bisnis Online

Memanfaatkan Facebook Untuk Bisnis Online

Facebook sampai saat ini merupakan sosial media dengan potensi pasar paling baik dibandingkan dengan social media lain. Terdapat sekitar 2,1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia yang menjadikan facebook social media dengan pengguna terbanyak. Oleh karena itu bagi seorang internet marketer, wajib hukumnya memanfaatkan facebook untuk bisnis online.

Pasti muncul beberapa komentar skeptis seperti.

-Facebook kan sekarang udah gak zamannya lagi?

-Emang masih ada ya orang pake Facebook?

-Facebook Sumber Hoax!

-Cuman Orang2 alay yang masih pake Facebook.

Itu semua hanyalah opini. Lagipula tidak semua pengguna Facebook Alay. Akan selalu ada alay di social media apapun. Yang salah bukan social medianya tapi orangnya. Selain itu, saya sering mengamati walaupun orang-orang sudah jarang melakukan aktivitas social medianya seperti bikin status atau saling comment di Facebook, tapi ketika sedang senggang mencari informasi mereka sering mengunjungi Facebook sekedar untuk melihat-lihat.

Bahkan dikabarkan pengguna Facebook kian meningkat dikarenakan fitur-fitur Facebook yang selalu berkembang.

Fitur yang cukup menggiurkan bagi para pelaku Internet Marketer di Facebook adalah Facebook Ads. Kelebihan Facebook Ads dibanding layanan-layanan ads lain adalah  kemampuannya untuk menarget calon customer dengan tingkat penargetan akurasi tinggi didukung dengan database yang besar.

Database yang besar ini membawa facebook menjadi Platform social media dengan tingkat penargetan iklan paling relevan sejagat raya! Bahkan ada anggapan seperti ini

Facebook lebih mengetahui diri anda daripada anda sendiri.

Untuk belajar dan mengenal Facebook Ads anda bisa klik disini atau gambar di bawah ini.

Memanfaatkan Facebook Untuk Bisnis Online

Facebook bisa mencarikan anda calon customer yang sangat mendekati dengan customer persona yang sudah anda tetapkan dilihat dari sisi interest, behavior dan demoghraphy user Facebook. Tentu ini akan sangat menguntungkan, karena kita hanya menghabiskan uang iklan kita pada orang-orang yang memang tertarik dengan produk kita.

Selain unggul dari segi penargetan, kita dapat mengetahui apakah iklan kita efektif atau tidak. Facebook akan memberikan sebuah data berupa kinerja iklan yang kita launch sehingga ketika iklan kita tidak efektif atau istilahnya “boncos” kita bisa mengetahui aspek mana yang harus dibenahi dari iklan yang kita luncurkan.

Bandingkan jika kita mengiklan di Koran, tv atau ngiklan di papan reklame? Apakah kita akan mendapatkan feedback data berupa berapa orang yang melihat iklan kita? Berapa orang yang membeli produk berkat iklan kita? Tentu Tidak!

Selain itu hal menarik dari Facebook Ads adalah “pixel” nya. Apa itu pixel? Akan saya bahas lebih mendalam di artikel lainnya. Intinya pixel adalah anjing pelacak Facebook yang bisa mengenali dan membuntuti calon customer anda kemanapun hingga akhirnya calon customer anda membeli produk anda.

Demikian pengenalan mengenai Facebook Ads mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Silahkan share & comment jika ada pertanyaan.

We will be happy to hear your thoughts

Kirimkan Pesan