Mengenal Objective Ads dalam Facebook

Mengenal Objective Ads dalam Facebook

Kegiatan beriklan di dunia online tidak seperti kegiatan beriklan yang dilakukan di dunia offline. Ketika memasang iklan di dunia offline tujuan kita hanya satu, yaitu menampilkan produk kita kepada sebanyak-banyaknya orang dengan harapan orang yang melihat iklan kita tertarik untuk membeli produk yang kita iklankan.

Hal ini sedikit berbeda ketika kita ingin beriklan di dunia online misalnya Facebook. Perlu strategi yang benar sebelum kita berani mendonasikan uang kita pada om Zuckerberg. Pemahaman mengenai jenis objective ads yang dipilih sangat diperlukan agar iklan yang kita launch efektif dan bisa memberikan ROI positif atau setidaknya tujuan kita beriklan tercapai.

Selain itu, alasan kenapa kita harus memahami objective ads adalah karena kita akan menggunakan salah satu kemampuan facebook yaitu optimasi iklan. Facebook bisa mengelompokkan dan menampilkan iklan kita hanya pada kriteria orang-orang tertentu saja.

Misalnya. Kita ingin menampilkan iklan kita pada orang-orang yang suka memberikan comment, like and share. Maka facebook akan menampilkan iklan kita pada kumpulan orang-orang tersebut sehingga postingan kita banyak yang ngelike. Atau contoh lain, kita ingin menampilkan iklan kita pada orang-orang yang cenderung mengklik link pada iklan kita? Dengan senang hati Facebook bisa melakukannya. Tentunya dengan bayaran, karena facebook adalah bisnis

Dalam facebook ads ada 3 jenis objective yang bisa dipilih.

  1. Awareness: seperti namanya objective ini bertujuan agar orang yang melihat iklan kita aware terhadap produk atau sesuatu yang kita tampilkan. Misalnya kita ingin membuat audience familiar terhadap nama brand atau logo brand kita, objective inilah yang harus dipilih.
  2. Consideration: Objective ini dipakai jika anda menginginkan calon customer anda lebih mengenal produk anda secara lebih detail, atau menginginkan terjadinya interaksi antara anda dengan calon customer anda.
  3. Conversion: Pilih objective ini jika anda ingin iklan yang anda menghasilkan sebuah konversi (pembelian)

Dari 3 buah objective di atas, dibagi lagi menjadi 11 objective ads yang lebih spesifik.

AWARENESS

Mengenal Objective Ads Yang Ada Dalam Facebook Ads

  1. Reach (Awareness)

dengan memilih objective ini anda secara umum ingin menampilkan iklan anda sebanyak mungkin pada orang-orang.

  1. Brand Awareness (Awareness)

Hampir mirip dengan objective reach, namun sebenarnya objective ini sedikit berbeda. Dalam facebook ads terdapat sebuah metric yaitu frequency. Frequency adalah jumlah berapa kali rata-rata iklan ditampilkan pada seseorang. Berbeda dengan reach yang berusaha menampilkan iklan anda kepada orang-orang sebanyak mungkin. Objective brand awareness akan berusaha menampilkan iklan anda beberapa kali pada setiap orang agar orang ingat dengan brand anda.

CONSIDERATION

Mengenal Objective Ads Yang Ada Dalam Facebook Ads

  1. Traffic (Consideration)

Traffic atau familiar dengan objective CTW (Click To Website) merupakan objecktif yang berfungsi untuk mendatangkan pengunjung ke website anda. Dengan memilih objective ini iklan anda akan ditampilkan pada orang-orang yang cenderung terbiasa mengklik link menuju suatu website.

  1. Engagement (Consideration)

Objective ini digunakan jika tujuan inti kita untuk mendapatkan engage atau berinteraksi dengan audience. Facebook akan menampilkan iklan anda pada orang-orang yang kebiasaannya memberi like, comment atau share pada postingan-postingan di Facebook.

  1. App Installs (Consideration)

Hampir sama dengan objective ads traffic, bedanya adalah audience akan diarahkan pada app store untuk mendownload atau install app tertentu

  1. Video Views (Consideration)

Objective yang digunakan untuk menampilkan video pada audience anda. Video dapat berupa promosi produk, kegiatan produksi sebuah produk atau video apapun yang bisa menambah awareness audience anda terhadap produk anda

  1. Lead Generation (Consideration)

Objective ini berfungsi untuk mengumpulkan data-data bisa berupa nama, alamat email, no HP dan sebagainya.

  1. Messages (Consideration)

Objective yang digunakan dengan tujuan audience anda dapat berinteraksi secara personal melalui messages. Dari sana anda bisa melakukan prospek, memberikan informasi atau tawaran kerjasama bisnis.

CONVERSION

Mengenal Objective Ads Yang Ada Dalam Facebook Ads

  1. Conversions (Conversion)

Objective yang paling sering saya gunakan. Tujuan objective ini adalah konversi atau pembelian.. Facebook bisa mengoptimasi agar iklan kita hanya ditampilkan pada orang-orang yang memang suka melakukan konversi di website.

Walaupun menurut pendapat saya untuk market Indonesia optimasi ini masih abu-abu. Karena customer indonesia masih banyak yang belum terbiasa melakukan konversi di website secara mandiri (konversi masih melalui customer service).

Dari pengalaman saya, objective ini masih merupakan objective yang memberikan profit paling besar dibanding objective-objective yang lain.

Namun, perlu digarisbawahi, objective ini merupakan objective yang paling mahal dibanding objective-objective yang lain sehingga untuk awal-awal mungkin  akan memberikan ROI negatif. Tapi, ketika pixel kita sudah terlatih objective ini sangat powerful untuk digunakan.

Apa itu pixel? bisa dilihat pada artikel saya disini

  1. Catalog Sales (Conversion)

Objective ini digunakan untuk menampilkan product catalog pada online shop kita, dengan memakai objective ini kita bisa menampilkan beberapa product sekaligus dalam 1 iklan

  1. Store Visits (Conversion)

Dengan objective ini anda bisa membuat iklan dinamis yang berbeda-beda untuk setiap lokasi toko offline anda yang berbeda-beda. Iklan anda akan ditampilkan pada orang-orang yang paling dekat dengan lokasi toko offline anda.

Facebook akan menampilkan iklan anda pada orang-orang yang cenderung melakukan berkunjung langsung ke toko. Bagaimana facebook bisa tahu? Facebook adalah bank data. Facebook bisa tahu behaviour seseorang dengan sumbangan data dari pihak ketiga

Sekian pembahasan kali ini mengenai objective ads pada Facebook, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang ingin memulai mengiklankan produk anda di dunia Online.

 

We will be happy to hear your thoughts

Kirimkan Pesan