Sering Baca Tapi Gak Pinter-Pinter?

Sering Baca Tapi Gak Pinter-Pinter?

Sekitar pertengahan tahun 2017 merupakan awal dari ketertarikan saya membaca.

Banyak sekali buku saya yang saya baca tapi kalau ditanya apa isi buku-buku yang sudah saya baca, saya hanya bisa sedikit saja menceritakan isi buku tersebut.
Muncul perasaan bersalah kenapa saya tidak bisa paham apa yang saya baca. Apa manfaatnya membaca kalau saya tidak bisa mengingat apa yang sudah saya baca seminggu bahkan sehari setelah saya selesai membaca.

Bukankah sangat sia-sia?

Mungkin statement seperti itu cukup masuk akal. Sehingga saya mulai mencari cara agar semua informasi yang saya serap dari buku bisa terus menempel dan saya bisa menceritakan atau menjelaskannya lagi kepada orang lain.

Munculah ide untuk membuat artikel-artikel seperti ini agar ilmu yang saya dapatkan bisa mengalir ke media lain yang nantinya bisa saya baca kembali. Selain itu tentu kita sering mendengar bahwa cara belajar dengan mengajarkan kembali merupakan cara belajar yang lebih efektif dibandingkan hanya dengan membaca saja.
Awalnya baik-baik saja. Namun, lama kelamaan saya merasa alasan saya membaca sebuah buku hanya untuk membuat sebuah konten.. Rasanya sangat berat, muncul rasa malas untuk membaca sebuah buku. Saya tidak menikmati lagi kegiatan membaca buku. Ujung-ujungnya saya menjadi lebih sedikit membaca.

Tentu kejadian ini membuat saya serba salah.

Sering Baca Tapi Gak Pinter-Pinter?

Namun, pikiran saya mulai terbuka setelah saya membaca sebuah artikel yang berjudul Stop Trying To Memorize,  A Good Book Will Change You.

Intinya membaca sebuah buku tidak harus dilakukan dengan cara mengingatnya. Namun dengan cara diresapi sehingga konten dari buku masuk ke alam bawah sadar kita.

Dari sana saya sadar. Bener juga! Tidak perlu merasa bersalah ketika tidak bisa mengingat isi dari sebuah buku, yang penting adalah apa yang berubah dari diri kita setelah membaca sebuah buku. Apakah buku itu memberikan pengaruh pada diri kita dan membuat pola pikir kita berkembang atau tidak?

Saya rasa saya tidak akan menjadi orang serajin sekarang yang terus berusaha membuat konten-konten jika saya tidak membaca buku The 10x Rule.

Saya akan menjadi orang yang mengurusi semuanya dan kerepotan sendiri jika saya tidak pernah membaca buku The 4 Hour Work Week

Dan mungkin saya akan stress setengah mati ketika produk yang saya launch tidak laku dan iklan saya boncos jika saya tidak membaca Who Moved My Cheese.

Stop Trying To Memorize!  A Good Book Will Change You.
Lets Become a Learning Machine. Find Your Good Books.

We will be happy to hear your thoughts

Kirimkan Pesan